2014 National Fake Rar 12 Id Card 09

Konsultasi untuk Menyusun Rancangan Kerangka Strategis IMF tentang Pengeluaran di Bidang Sosial (Social Spending)

May 2018

Bagian Evaluasi Independen (Independent Evaluation Office, IEO) IMF pada bulan Juni 2017 telah mempublikasikan suatu laporan yang berjudul “IMF dan Perlindungan Sosial”. Sementara laporan tersebut mengakui bahwa IMF telah mencapai kemajuan dalam meningkatkan keterlibatannya dalam isu-isu perlindungan sosial, laporan ini juga mencatat bahwa masih terdapat ruang untuk perbaikan. Salah satu rekomendasi utama IEO adalah agar IMF mengembangkan kerangka strategis baru terkait keterlibatannya dalam isu-isu perlindungan sosial. Rekomendasi tersebut telah disetujui oleh Dewan (Board) pada bulan Juli 2017 dan Manajemen IMF telah mengusulkan agar (baca Rencana Implementasi Manajemen) suatu naskah disusun untuk dibahas oleh Dewan pada bulan Februari 2019.

Kerangka ini akan berfokus pada konsep pengeluaran di bidang sosial yang lebih luas, yang mencakup perlindungan sosial (jaminan sosial dan program-program bantuan sosial), dan juga pengeluaran untuk layanan dasar pendidikan dan kesehatan mengingat kedua layanan ini memiliki peran signifikan dalam mendorong pertumbuhan yang lebih inklusif, mengurangi kesenjangan dan mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals, SDG). Kerangka ini akan melakukan kajian terhadap upaya IMF pada saat ini terkait pengeluaran di bidang sosial dan melakukan klarifikasi terhadap lingkup, tujuan, dan batasan-batasan yang diharapkan dari upaya IMF terkait pengeluaran pada isu ini dalam kegiatan-kegiatan pemantauan (surveillance), program-program, dan penguatan kapasitasnya. Kerangka ini juga akan memperjelas modalitas hubungan dengan Lembaga-Lembaga Pembangunan Internasional lain yang memiliki keahlian yang lebih baik dalam bidang ini.

Pertanyaan-Pertanyaan Konsultasi

IMF berharap dapat memperoleh pandangan Anda sebagai masukan yang berharga dalam menyusun rancangan kerangka baru ini. Sementara kami menerima pendapat terkait aspek kegiatan IMF manapun terkait pengeluaran di bidang sosial, kami secara spesifik tertarik untuk dapat memperoleh masukan terkait hal berikut:

  • New License Ktvz Rolling Design Driver - Out Id Card Apakah Anda setuju bahwa fokus yang lebih luas diperlukan dalam kaitannya dengan pengeluaran di bidang sosial, terutama mengingat pentingnya pendidikan dan kesehatan untuk pertumbuhan yang inklusif?

  • New License Ktvz Rolling Design Driver - Out Id Card Menurut Anda kapan IMF sebaiknya mulai terlibat dalam isu-isu pengeluaran di bidang sosial? Kapan sebaiknya IMF mengandalkan organisasi-organisasi internasional lainnya, dan bagaimana IMF dapat meningkatkan daya ungkit dari keahlian dan sumber daya mereka?

  • Bagaimana sebaiknya IMF terlibat dalam isu pengeluaran di bidang sosial? (misalnya dengan membantu negara-negara memperoleh pembiayaan yang berkelanjutan untuk peningkatan pengeluaran di bidang sosial; mendukung negara-negara dalam memahami imbal balik saat menentukan pilihan dari opsi-opsi kebijakan yang berbeda; meningatkan koordinasi dengan organisasi-organisasi internasional lainnya).

  • Apakah landasan perlindungan sosial (social protection floors) dan langkah-langkah lain yang dilaksanakan dalam program-program IMF saat ini cukup efektif dalam menjaga atau bahkan meningkatkan pengeluaran di bidang sosial? Apa saja faktor-faktor penentu yang mempengaruhi efektivitasnya? Bagaimana rancangan dan implementasi langkah-langkah tersebut dapat ditingkatkan?

  • New License Ktvz Rolling Design Driver - Out Id Card Apa saja tantangan utama yang dihadapi dalam menentukan sasaran bantuan kepada rumah-rumah tangga berpendapatan rendah atau upaya menuju universalitas yang lebih luas (misalnya, tunjangan penghidupan anak yang universal, jaminan hari tua yang universal, bantuan pendapatan dasar (basic income) yang universal)?

  • Mohon sampaikan beberapa contoh negara-negara di mana Anda yakin bahwa keterlibatan IMF dalam pengeluaran di bidang sosial dapat: (i) membantu mendukung pengeluaran yang bersangkutan, atau (ii) melemahkan pengeluaran tersebut? Mohon sampaikan penjelasan mengenai mengapa hal tersebut terjadi.

  • Bagaimana sebaiknya pengeluaran di bidang sosial didanai, terutama di negara-negara yang memiliki sumber daya yang terbatas atau mengalami defisit anggaran yang tinggi?

Cara berpartisipasi

Para pemangku kepentingan yang berminat dipersilahkan untuk mengirimkan surel tanggapan terhadap pertanyaan-pertanyaan di atas maupun pendapat-pendapat lain ke alamat IMFCONSULTATION@imf.org sebelum 13 Juli, 2018.

Mohon sertakan informasi berikut saat menyampaikan tanggapan melalui surel supaya pendapat-pendapat tersebut dapat dicatat. Pengirim dapat menyampaikan permintaan untuk menjaga kerahasiaan tanggapan dan pendapatnya.

  • Nama pengirim
  • Organisasi yang Anda wakili (jika ada)
  • Negara (kantor pusat)
  • Nomor telefon
  • Alamat email

Ringkasan dari berbagai tanggapan akan diunggah pada laman web kami dan akan disertakan dalam naskah akhir yang diserahkan ke Dewan.